Pick Support? Tanker? Killer?

   Post pertama tentang game kali ini saya akan memuat tentang game android yang lagi hits(maybe?) bergenre MOBA, yaitu Mobile Legends:Bang Bang.

   Banyak sekali hero hero di Mobile Legends yang bisa kita gunakan di dalam game. Sampai saat ini sudah ada update terbaru 1.1.94 yaitu update UI(User Interface) atau tampilan baru dan hero baru yaitu Karrie (Marksman) juga menambah koleksi ke dalam jajaran hero marksman tipe killer/hitter. Namun, tidak semua hero bisa di kombinasikan 1 sama lain atau bahkan tidak cocok untuk dipakai secara bersamaan. Hal yang menyebalkan adalah ketika saat bermain ranked, terlalu banyak yang pick hero hero yang sejenis, contoh layla, miya, moskov di pick sekaligus yang sama-sama bertipe marksman sedangkan keberhasilan menang ketika menggunakan hero hitter yang terlalu banyak itu kecil, karena kurangnya support atau tanker.

   Dari beberapa komposisi yang paling nyaman digunakan yaitu menggunakan 2 support 1 tanker 2 hitter, ataupun 3 support 1 tanker dan 1 hitter. Kenapa begitu? Karena rata-rata tim besar menggunakan komposisi tim seperti ini dan memudahkan para pemain untuk saling bekerja sama. Contoh yang biasa saya gunakan komposisi 2 support, 2 hitter dan 1 tanker seperti Chou, Estes, Karina, Tigreal, Moskov. Hal yang menjadi tumpuan tim dalam permainan adalah hitter dalam hal ini marksman yang harus “jadi” atau sudah memiliki item item yang mumpuni.  Kemahiran para pemain juga diperhitungkan untuk menguasai tiap tiap hero yang ada dan  yang paling utama adalah kerja sama dan kekompakan tim dalam bermain.

   Untuk semua hero mau itu tanker, support, marksman, fighter, mage umumnya semua harus bisa main save, melihat kondisi dan main sabar. Bagi yang biasa menggunakan role Marksman di mid, biasakan bermain sabar, fokus farm lane/jungle dan bermain save kalau tidak yakin bisa mengambil kill atau steal tower di mid. Untuk yang role tanker dan fighter, cukup tahan jangan sampai tower ditempatnya jebol/tembus. Jika tower musuh di lanenya hancur, tanker sm partnernya sudah boleh roaming atau mulai menyergap musuh di mid ada juga fighter yang bisa berperan sebagai assassin atau ganker(menyergap) contoh Yun Zhao. Role Mage dan support, kedua peran ini sama sama vital, terutama setelah adanya update hero Estes dan Aurora. Estes merupakan top 1 banned di ranked mode draftpick bersama Karina. Mage dan support harus bisa mencari posisi yang cukup ideal agar tidak terkena hit atau minimal main di semak agar tidak menjadi makanan para assassin musuh. Untuk role assassin tidak beda jauh seperti Marksmen, cukup farm, play save, sergap tiba tiba pas musuh sendiri.

   Yang menjadi dilema bagi pemain solo adalah kita tidak akan pernah tau seperti apa permainan seseorang di dalam game, kita tidak tahu apa dia mahir menggunakan hero tersebut atau seperti apa gaya bermainnya. Belum lagi jika kita bertemu dengan Feeder, AFK Player, Bacoters dan sebagainya, hilang sudah kesempatan untuk menang. Dan juga win rate bagus juga tidak bisa menjamin seseorang hebat atau tidaknya  menggunakan hero tersebut, tapi jika match diatas 200 dengan winrate diatas 70% atau 80% menurut saya sudah cukup mahir.

   Biasanya pemain yang sudah memiliki tim atau sekedar main sama teman, biasakan tanyakan dulu sebelum mulai game dia mahir pakai hero apa. Untuk yang solo, biasanya agak susah, soalnya seperti yang dibilang tadi, susah menilai siapa, menggunakan apa, dan gaya mainnya seperti apa. Ya mau tidak mau harus mengikuti kondisi, atau jika kamu terbiasa pakai hitter atau marksman, lebih baik pick secepat kilat. Yang sulit ketika kita bertemu dengan tim yang biasa menggunakan hero marksmen atau 1 jenis hero, dan bisa kekurangan stunner, tanker. disabler area atau bahkan hitter/killernya.

   Dan jangan lupa, sebenarnya tiap komposisi atau tiap tiap hero memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing, tergantung kepada keahlian pemain dalam menggunakan hero hero yang ada. Dan terutama setelah season 4 berakhir, pada mode permainan Ranked untuk pemain yang sudah mencapai tingkatan EPIC sudah memulai game dengan mode Draft Pick, yaitu kita bisa melakukan “ban” atau melarang musuh menggunakan hero tertentu, dan tidak bisa memilih hero yang sama dengan musuh.  Yang penting kita bisa menguasai minimal 12 hero yang berbeda dan jangan lupa kerjasama yang lebih utama. Amati kapan harus menyerang, defense, menyergap dan mencuri tower.
   
"Teamwork is more effective than individual"

Sumber:
-         Experience on Mobile Legends
-         My Brain

,

Comments