Analisa Web Science 1 : Google Drive

Pada minggu pertama untuk mata kuliah softskill, saya ditugaskan untuk mencari serta menganalisis salah satu website/aplikasi dengan latar belakang analisa web science termasuk kelebihan dan kekurangan dari website itu sendiri. Salah satu website/aplikasi yang akan saya analisis adalah website Google Drive

Google Drive adalah aplikasi atau sebuah website yang dapat kita pergunakan untuk menyimpan data secara online. Google Drive menggunakan teknologi Cloud Computing, jadi kita dapat menyimpan, menggunggah dan membagikan file yang kita miliki ke siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Kelebihan Google Drive :

  • Dapat menyimpan dan mengakses data yang kita simpan dimana saja
  • Memiliki penyimpanan sebesar 15GB untuk pengguna gratis.
  • Terintegrasi dengan semua layanan google

Kekurangan Google Drive :

  • Upload data berdasarkan kecepatan koneksi, karena tidak semua tempat memiliki koneksi yang sama
  • Data tidak dapat diunduh apabila terlalu banyak yang mengunduh dalam 24 jam terakhir


   Dari hasil analisa yang saya dapatkan Google Drive tentu saja sangat membantu kita untuk melakukan sebuah pekerjaan yang melibatkan sebuah data/file. Agar dapat kita bagikan ke orang yang ingin mengolah data tersebut, kita juga dapat memberikan sebuah akses ke seseorang agar kita dapat mengakses file tersebut, apakah dia dapat mengedit atau hanya dapat melihatnya saja. Hanya sebagian orang saja yang baru mengetahui sistem cloud computing seperti Google Drive, meskipun aplikasi/web ini sangatlah membantu kita, terutama agar dapat menyimpan file yang sering kita akses meskipun tidak berada dirumah atau kantor. Kemungkinan Google sendiri tidak terlalu mempromosikan fitur Google Drive ini meskipun fungsi yang dimiliki sangat banyak.

Comments