R.A Kartini : Emansipasi Wanita


   Kali ini saya akan membuat sebuah postingan yang berkaitan dengan seorang pahlawan nasional Indonesia, yaitu Raden Adjeng Kartini.
   Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini yang dikenal dengan sebutan RA Kartini adalah pahlawan wanita Indonesia yang berperan penting dalam mewujudkan sebuah kemerdekaan bagi wanita.  R. A. Kartini dilahirkan pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah merupakan sosok wanita Indonesia yang sangat menjunjung tinggi emasipasi wanita Indonesia pada jaman penjajahan di Indonesia, dia masuk dalam salah pahlawan Indonesia yang berani menentang para penjajah pada saat itu. Peranan yang dia lakukan adalah membuat para wanita Indonesia dihargai sampai saat ini. 
   RA Kartini adalah sosok wanita yang sangat tertarik dengan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Sehingga melalui hobinya tersebut menjadikan beliau suka membaca surat kabar atau majalah-majalah dari kebudayaan Eropa. Lalu R. A. Kartini mulai berpikir untuk dapat memajukan perempuan Indonesia. R. A. Kartini memiliki ide untuk dapat membebaskan para wanita Indonesia dan memperjuangkan mereka untuk dapat  memperoleh persamaan, kebebasan, dan otonomi serta kesetaraan hukum.  RA Kartini ingin melihat wanita Indonesia dapat menuntut ilmu dan belajar seperti yang lainnya. Dengan usaha yang dia lakukan, akhirnya beliau diberikan kebebasan untuk mendirikan sekolah wanita pertama yang dibangun sebelah kantor pemerintahan Kabupaten Rampang, dan kini dikenal sebagai Gedung Pramuka Indonesia. Dan Sampai saat ini wanita di Indonesia memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan, karir, dan yang lainnya. Mengingat perjuangan yang R. A. Kartini lakukan tidak mudah maka kita juga harus menghormati hak-hak para wanita di Indonesia.

Comments