Minggu 5 : Seni dalam IBD

   Seni sangat berkaitan erat dengan masalah kemanusiaan. Karena seni adalah ekspresi yang bersifat tidak normatif, menjadikan seni lebih mudah berkomunikasi. Oleh sebab itu nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya. Sebab masalah kemanusiaan merupakan masalah yang sangat penting, yang perlu diperhatikan pula oleh mahasiswa.
Seni dalam Ilmu Budaya Dasar

Seni sastraSeni TariSeni MusikSeni Rupa
Hubungan ilmu budaya dasar dengan kesusastraan sangat penting, karena ilmu budaya dasar meliputi dalam hal bahasa.
Ada beberapa alasan mengapa ilmu budaya dasar sangat penting hubungannya dalam hal kesuastraan :

1. Sastra menggunakan bahasa. Sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampi semua kegiatan manusia

2. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu filsafat mengunakan bahasa adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagiaan, kebebasan, dan lainnya yang digarap oleh filsafat adalah abstra. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.

3. Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang leih mudah menemukan gagasan-gagasanya dalam bentuk yang tidak normative.
Seperti halnya seni musik, seni tari merupakan pengembangan dari musik, yaitu gerakan yang mengekspresikan dari musik tersebut. Tiap daerah mempunyai tarian daerah menurut budayanya, di Indonesia sangat banyak sekali tarian daerah. Tiap tarian daerah mempunyai ciri khas tertentu yang menggambarkan seperti apa budaya-budaya mereka. Contoh seni tari yaitu tari Jaipong, tari Merak dan tari Topeng.Telah kita ketahui bahwa seni musik itu ada dua jenis :
   Musik daerah, seperti : seni karawitan, degung sunda, music kolintang,dan geding sriwijaya.
   Music nasional, seperti : padamu Negari, hallo-hallo bandung, Gugur bunga, dan Syukur.
Konsep yang terdapat dalam musik berhubungan dengan perasaan cinta kasih,pengorbanan,kesejahteran,penderitaan,dan harapan. Karya musik klasik yang sangat terkenal adalah simponi kelima sangat terkenal karena mengungkapkan semangat pantang menyerah unuk melawan sang nasib. Penyebabnya sangat terkenal karena menggambarkan penderitaan manusia,dengan latar belakang sejarah serangan tentara. Kegelisahan,penderitaan,dan harapan,putus asa serta keberanian melebur menjadi gubahan musik yang indah.
Seni adalah jawaban terhadap tuntutan dasar kemanusiaan. Tujuan utamanya ialah menambah interprestasi dan melengkapi hidupnya. Adakalanya suatu waktu,seni dijadikan pembantu untuk tujuan lainnya. Seperti pengagungan agama.


Beberapa gaya dan corak seni rupa

Karena adanya perbedaan konsepsi pikiran dari masing-masing zaman,maka setiap zaman melahirkan kesenian dengan ciri-ciri yang khusus. Ada bermacam-macam gaya mempunyai corak pesona tersendiri dan khas. Di samping itu, tiap-tiap aliran corak, mempunyai tujuan tertentu atau fungsi sendiri-sendiri. Aliran mempunyai cita-cita seni sendiri,sesuai dengan pikiran zamannya.

Corak dan gaya seni modern eksposionis tidak terbatas oleh objek-objek tertentu,melainkan ditentukan oleh sikap batin si penciptanya dengan melampaui batas dan ruang waktu.

Dalam tahun 1970-an seni rupa baru yang didasari oleh semangat pembaruan. Dalam gerakan ini, suatu hal karya dapat lahir dari imajinasi yang bebas. Ada beberapa langkah yang merupakan gebrakan yang baru dalam aliran ini :



Membuang sejauh mungkin tentang adanya element-element khusus dalam seni rupa,seperti element lukis dan element gambar.

Membuang sejauh mungkin sikap spelialis dalam seni rupa yang cenderung membangun bahasa alistis dan menjadikan maksud si seniman tidak dapat dipahami oleh masyarakat yang lebih menilainya sebagai bagian yang mengandung misteri

Mendambakan kemungkinan berkarya dalam arti mengharapkan keragaman gaya dalam seni rupa Indonesia.

Menciptakan perkembangan seni rupa Indonesia dengan jalan mengutamakan pengetahuan yang didasari oleh tulisan dan teori orang Indonesia yang menentang habis-habisan pendapat yang mengatakan bahwa seni rupa Indonesia adalah bagin dari sejarah seni rupa dunia,seni adalah universal.

Mencita-citakan seni rupa yang lebih hidup,dalam arti kehadirannya tidak diragukan,wajar,berguna dan hidup meluas dikalangan masyarakat

Comments